Home / Mancanegara / NASA Kembangkan Satelit Pendeteksi Kebakaran Hutan

NASA Kembangkan Satelit Pendeteksi Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan menjadi sebuah peristiwa yang sangat mengerikan di dunia ini. Di Tanah Air ini, sudah ada puluhan hektar hutan yang hangus terbakar serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan. Demi mengantisipasi kejadian serupa, NASA berencana meluncurkan sebuah satelit berteknologi canggih.

Sistem itu dikenal dengan FireSat, sebagaimana dilansir dari Time. NASA menuturkan bahwa pada jumpa persnya, satelit itu menggunakan sensor inframerah yang mampu mengidentifikasi adanya kebakaran hutan, meskipunn api masih menyerang sekitar 10 hingga 15 meter saja.

“Sistem satelit ini akan bekerja siang sampai malam demi mendeteksi adanya kebakaran hutan yang ada di dunia,” ungkap desainer FireSat, Ribert Staehle.

Satelit ini nantinya akan mengirimkan gambar api sekali setiap satu menit. Pihak NASA JPL (Jet Propulsion Laboratory) berharap bahwa satelit ini bisa beroperasi secara pnuh pada 2018 nanti.

Tidak hanya dengan satu teknologi ini, sebab NASA juga tengah merencanakan yntuk melakukan proyek lain yang akan menggabungkan informasi cuaca serta topografi guna menentukan api akan bisa menyebar ke arah mana.

Apabila memang benar hal ini akan terwujud, semoga kebakaran hutan yang kerap terjadi di Tanah Air ini juga bisa diketahui sejak api kecil, sehingga kasus kebakaran hutan tidak akan terjadi lagi. Semoga saja.

About admin