Sudah 2 Kali Ketahuan Pabrik Masih Saja Buang Limbah Ke Sungai

Sudah 2 Kali Ketahuan Pabrik Masih Saja Buang Limbah Ke Sungai – Unit Pekerjaan (Satgas) Citarum Harum Bidang 21 kembali mengerjakan operasi tangkap tangan (OTT) pada pabrik yg buang kotoran ke sungai pada Jumat (19/7/2019) malam.

Kesempatan ini, team mendapatkan air kotoran berwarna hitam pekat serta panas di saluran Sungai Cimahi yg dibuang PT Benang Warna Indonesia. Sudah diketahui saluran Sungai Cimahi itu bersumber ke Sungai Citarum.

Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Yusef Sudrajat mengemukakan, penemuan itu diperoleh kala team sejumlah 12 orang mengerjakan patroli di lima saluran sungai di Kota Cimahi.

Menurut Yusef, pabrik yg beroperasi di sektor benang serta garmen sempat mempunyai komitmen tidak untuk buang kotoran beresiko ke sungai.

“Ini ke dua kalinya, faksi pabrik sudah buat loyalitas tak buang kotoran kotor ke sungai,” tutur Yusef kala dihubungi, Sabtu (20/7/2019).

Team lantas setelah itu tutup aliran kotoran itu serta menyerahkan langkah seterusnya pada pihak kepolisian serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi.

“Jangan kucing-kucingan, sebab pada intinya kita akan tidak tidur. 24 jam bakal patroli terus,” tukasnya.

Kepala DLH Kota Cimahi Mochamad Ronny membetulkan tersedianya penemuan itu. Faksinya langsung berkomunikasi serta memeriksa langsung ke pabrik yg mengenai. “Kita bakal cek area,” katanya.

Menurut Ronny, berkenaan dengan pabrik yg mengerjakan pelanggaran pada ketentuan mesti dipakai sangsi, terhitung pabrik yg bikin aliran pembuangan kotoran ilegal sebab ada peraturan yg udah diputuskan.

“Sanksinya yg kita beri yaitu administratif atau terdaftar, jika pertama perusahaan kita tegur dahulu. Sesudah itu pelanggarannya mesti diperbaiki sesuai sama peraturan,” tangkisnya.