Resepsi Pernikahan Dhaup Calon Putra Mahkota Puro Pakualaman Yogyakarta Di Hadiri Jokowi Serta Megawati Soekarnoputri

Resepsi Pernikahan Dhaup Calon Putra Mahkota Puro Pakualaman Yogyakarta Di Hadiri Jokowi Serta Megawati Soekarnoputri – Tidak hanya Jokowi, Megawati Soekarnoputri ikut direncanakan ada di resepsi pernikahan agung (dhaup ageng) calon putra mahkota Puro Pakualaman Yogyakarta, Sabtu (5/1) besok. Megawati diundang sebab ikatan riwayat.

“Iya, sesaat demikian (Megawati diskedulkan ada),” jelas Ketua 1 Dhaup Ageng Puro Pakualaman, KRT Radyowisroyo, waktu diminta konfirmasi, Jumat (5/1/2019).

Radyowisroyo menjelaskan, Megawati diundang menjadi kolega. Ia menyatakan pihak Puro tidak mengundang Megawati sebab aspek politik.

“Kita tidak ada ikatan politik (dengan Megawati) dan lain-lain, tidak ada, tidak lihat disana,” tegasnya.

Menurut dia, Megawati diundang sebab ia mempunyai ikatan riwayat dengan pihak Puro Pakualaman. Bung Karno, bapak Megawati, sempat tinggal sesaat di Puro Pakualaman selesai Indonesia merdeka.

Ya sebab memang benar ada ikatan. Jalinan dari mulai jaman beliau Bung Karno sempat tinggal di Puro, Bung Hatta tinggal di Puro pada saat jaman sesudah Republik masuk ke Yogya,” jelasnya.

“Itu kan beliau-beliau, Bung Karno serta Bung Hatta sebelum tinggal di Gedung Agung (Yogyakarta) kan sesaat tinggal di Puro Pakualaman. Jadi aspek itu saja,” katanya.

Sebab aspek riwayat ini Megawati pada akhirnya diundang. Tidak hanya ia, anak-anak Bung Hatta ikut ikut diundang pihak Puro.

“Putranya Pak Hatta ikut kita undang,” tutupnya.