Polisi Berlakukan Buka Tutup Rest Area Tol Cikampek Selama Lebaran

Polisi Berlakukan Buka Tutup Rest Area Tol Cikampek Selama Lebaran – Untuk kurangi kepadatan kendaraan, Korlantas Polri menetapkan skema membuka tutup untuk tempat istirahat atau rest ruang yang ada di selama jalan Tol Cikampek.

“Kami telah pasang anggota disana (tempat istirahat). Bila memang ekornya telah terlihat akan ditutup hingga sementara rest ruang kosong , ” kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin waktu pertemuan wartawan di KM 70 GT Cikampek Penting, Karawang, Jumat (7/7).

“Kami akan mempersiapkan mobil derek di rest ruang. Jika telah penuh (kendaraan) akan dipasang banner ditutup,” imbuhnya.

Menurut Benyamin, skema membuka tutup itu dikerjakan sebab umumnya berlangsung penimbunan kendaraan dalam tempat istirahat . Ini berimbas pada kemacetan waktu arus mudik Lebaran 2019.

Oleh karena itu, dia merekomendasikan pada beberapa pemudik untuk beristirahat dalam tempat istirahat sebelum KM 70 seperti di Tol Cipularang atau Tol Cipali.

Selain itu, di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya merekomendasikan pada pemudik arus balik tidak untuk berhenti dalam tempat istirahat.

“Contohnya Jakarta-Solo yang tempuh waktu enam jam tak perlu berhenti di rest ruang, ditambah lagi bila (rest ruang) penuh kendaraan akan berhenti di pundak jalan,” kata Budi.

Awalnya, untuk mengurai kepadatan, skema satu arah (one way) serta musuh arus (contra flow) telah mulai diresmikan di KM 70 sampai KM 65 Tol Cikampek semenjak Jumat siang.

Pola eksperimen jalan raya one way serta contra flow itu akan diresmikan sepanjang arus balik yakni pada 7-10 Juni