Penemuan Peninggalan Purbakala Setelah Tokoh Adat Mendapat Bisikan

Penemuan Peninggalan Purbakala Setelah Tokoh Adat Mendapat Bisikan – Beberapa benda disangka peninggalan purbakala diketemukan di lokasi Tabanan, Bali. Benda itu diketemukan sesudah salah seseorang tokoh kebiasaan mengakui mendapatkan bisikan.

Benda yang diketemukan itu ialah kotak batu sisi empat yang memiliki ukuran besar serta tertanam di tanah seseorang warga di Banjar Pakuaji, Desa Mundeh Kangin, Selemadeg Barat. Sesudah mendapat info dari warga, babinkamtibmas Desa Mundeh bersama dengan warga lalu lakukan penggalian.

” Pawisik (bisikan) yang di terima warga itu dikerjakan dengan alat berat punya tenaga project yang kebetulan menggali tanah untuk perbaikan got jalan raya Mundeh Kangin yang tidak jauh dari tempat diketemukan barang itu, ” kata Kapolres Tabanan AKBP Made Cahaya Subawa dalam info tercatat, Jumat (13/7/2018).

Cahaya menyampaikan, waktu dikerjakan penggalian sedalam satu mtr., diketemukan kotak batu yang disangka benda purbakala itu. Kotak batu itu memiliki ukuran sisi empat dengan panjang 80 cm, lebar 50 cm, serta kedalaman 40 cm dengan tutup dari batu.

” Sesuai sama penilaian, batu itu bukanlah batu yang keras seperti batu di sungai, namun batu wajah yang agak lembek. Dari sejumlah penilaian warga, tidak berani pastikan kapan batu itu dibikin serta ditanam, ” katanya.

Dalam kotak itu rupanya juga diketemukan beberapa benda, seperti mangkuk serta kalung. Team juga temukan batu akik yang sekarang disimpan di Kepala Pustu Mundeh Kangin.

” Isi dalam kotak batu ada sejumlah kecil-kecil yang berupa mangkuk serta benda mirip kalung namun telah ringkih, susah dikenali, juga 2 buah semacam batu permata akik warna hijau serta merah muda, sesaat masih tetap disimpan di Rumah Ayah Pasek Subrata, Kepala Pustu Mundeh Kangin, ” terangnya.

Cahaya menjelaskan pihaknya belumlah dapat pastikan temuan itu adalah benda purbakala. ” Mesti di teliti lagi kan tidak dapat kita segera dengan mata ambillah rangkuman, ” ujarnya.