Pendaki Gunung Lawu Di Pastikan Tidak Ada

Pendaki Gunung Lawu Di Pastikan Tidak Ada – Kebakaran rimba di Gunung Lawu belumlah padam serta api maken meluas. Kesatuan Pemangkuan Rimba (KPH) Lawu pastikan tidak ada pendaki yang terjerat di puncak.

“Kami yakinkan tidak ada pendaki yang di puncak karena kami belumlah buka jalan pendakian semenjak kebakaran yang ke-2 itu. Serta sekarang ini masih tetap kita tutup sampai waktu yang belumlah dipastikan,” jelas Kepala Resort Pemangkuan Rimba Sarangan, Kholil, waktu dihubungi, Selasa (4/9/2018).

Jalan pendakian ke puncak gunung lawu, kata Kholil, ada dua pintu masuk yaitu Cemoro Sewu serta Cemoro Kandang. Selama ini beberapa calon pendaki yang terlanjur hadir cuma beristirahat di tempat camping yang disiapkan di dekat pintu masuk pendakian.

“Memang yang di luar kota ini beberapa bertahan saat pendakian ditutup. Kami ijinkan untuk membangun tenda berkemah ditempat yang kami siapkan. Kami batasi sampai di pos satu yang berjarak satu kilo mtr. dari pintu masuk,” kata Kholil.

Sampai sekarang ini usaha pemadaman selalu dikerjakan dengan mengerahkan petugas Perhutani dibantu masyarakat yang tinggal di seputar rimba. Sekarang ini titik api ada di lokasi Ngawi diatas Kecamatan Jogorogo.

Dikabarkan awal mulanya kebakaran baru di ketahui saat masyarakat lihat ada titik api dari terlalu jauh di hari Senin (3/9/2018) seputar jam 18.30 WIB. Pantauan detikcom sampai jam 14.30 WIB, titik api terlihat jelas dari terlalu jauh tampak kepulan asap. Bahkan juga tampak juga dari Kota Madiun yang berjarak seputar 70 km.

Satu minggu lantas kebakaran di Gunung Lawu bisa dipadamkan sesudah 2x alami kebakaran. Kebakaran pertama berlangsung pada 17 Agustus 2018 serta padam 21 Agustus 2018. Kebakaran ke-2 pada 22 Agustus 2018 serta api bisa dipadamkan pada 27 Agustus 2018.