Home / Berita Umum / Penahanan Berkaitan Bahan Baku Galangan Yang Ilegal

Penahanan Berkaitan Bahan Baku Galangan Yang Ilegal

Penahanan Berkaitan Bahan Baku Galangan Yang Ilegal – Pekanbaru, Polda Riau meredam seseorang entrepreneur galangan kapal inisial TO alias Tj asal Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Penahanan ini berkaitan bahan baku galangan kapal yang disangka bersumber kayu ilegal.

“Terduga dikerjakan penahanan sesudah penuhi panggilan penyidik. Selesai dicheck, langsung dikerjakan penahanan,” kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto pada wartawan, Senin (5/11/2018).

Sunarto menuturkan, dalam masalah ini bermula dari info penduduk jika kegiatan pembuatan kapal bersumber dari kayu rimba dengan liar. Dari info itu, pada September lantas dikerjakan penyidikan di lapangan. Tempat pembuatan kapal kayu ini persisnya di Kecamatan Bangko, Rohil.

“Sesudah team ada di tempat diketemukan tumpukan kayu rimba alam. Bahan baku untuk pembuatan kapal itu tidak diperlengkapi dokumen yang resmi atas kepemilikan,” kata Narto.

Di tempat galangan kapal ini, sambungnya, diketemukan 1.071 keping kayu berkualitas tinggi. Salah satunya type kayu alam Meranti, Laban, Temutun serta Suntai.

Kayu-kayu itu bukan type kayu yang dibudidayakan, tetapi kayu-kayu berkualitas ini datang dari rimba. Pemilik galangan kapal tidak bisa memberikan surat resmi kepemilikan kayu itu,” kata Narto.

Usaha galangan kapal ini, kata Narto, pemiliknya mempekerjakan sekitar 32 orang. Sekarang kegiatan pembuatan kapal kayu itu sudah di stop.

“Tanda bukti kayu yang berada di tempat sekarang telah ditangkap di Mapolres Rohil. Gagasannya kayu-kayu itu akan dilelang,” kata Narto.

About admin