Pemilik Taman Punyai 32 Pot Berisi Ganja Ditangkap Polisi

Pemilik Taman Punyai 32 Pot Berisi Ganja Ditangkap Polisi – Polisi membuka tindakan masyarakat yang nekat membuat kebun ganja di halaman belakang rumah. Dua pria diamankan atas kelakuannya itu.

Ada 32 buah pot serta dua petak tempat berisi tanaman ganja yang baru berusia 2 minggu. Pot seadanya itu disimpan RT (33) pada bagian belakang tempat tinggalnya dalam suatu gang sempit Jalan Rancasawo, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung.

Semua pot itu disimpan tersembunyi di bangunan yang kelihatan belum usai. Di ruang kecil seukuran 60×40 centimeter itu, RT menyimpan beberapa puluh pot ganja. Bangunan itu tidak mempunyai atap serta temboknya masih bata. Tidak gampang buat masuk ke ruang kecil itu. Akses pintu masuk ditutup seng. Cuma ada satu langkah lewat celah jendela yang sangat kecil.

Taman ganja mini itu tersingkap oleh personil Satnarkoba Polrestabes Bandung yang di pimpin langsung Kasatnarkoba AKBP Irfan Nurmansyah pada Jumat (19/7/2019) malam tempo hari. Taman ganja itu tersingkap hasil dari peningkatan selesai petugas tangkap YG (35) terlebih dulu di daerah Cipagalo.

Polisi Tangkap Masyarakat Pemilik Taman Ditanami 32 Pot Ganja di BandungFoto: Dony Indra Ramadhan
Dari penangkapan YG, polisi mendapatkan 38 bungkus sabu-sabu, 4 plastik bibit ganja, satu paket ganja ukuran besar seberat 1 kg serta 3 pot berisi 10 batang pohon ganja.

“Hasil peningkatan dari YG, setelah itu diperoleh terduga yang lain yakni RT. Kita cek ke TKP diketemukan 32 pot berisi tanaman ganja,” ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema dalam tempat peristiwa, Sabtu (20/7/2019).

Menurut info pemeran, kata Irman, taman ganja ini adalah uji-coba bonsai yang dikerjakan oleh RT. Akan tetapi, uji-coba RT tidak sukses selesai polisi membuka laganya.

“Menurut info awalannya ini buat dikonsumsi sendiri. Namun lihat jumlah yang banyak ini, ada peluang diperdagangkan. Terduga mendapat bibit ini dari terduga YG,” kata Irman.

Polisi tidak akan berhenti hingga sampai di sini. Peningkatan akan teruslah dikerjakan penyidik Satnarkoba Polrestabes Bandung buat cari tahu peluang ada taman ganja di lokasi lain.

“Satnarkoba Polrestabes Bandung melakukan peningkatan dari info saksi atau pemeran,” paparnya.

Polisi Tangkap Masyarakat Pemilik Taman Ditanami 32 Pot Ganja di BandungFoto: Dony Indra Ramadhan
Dalam kesempatan saat ini, Irman menghargai langkah anak buahnya. Faksinya akan memberikannya reward atas pengungkapan ini.

“Reward pastinya ada sebab pengungkapan ini. Reward pun buat mendorong anggota,” kata Irman.

Polisi menangkap kedua-duanya dengan Clausal 114 ayat (2) jo 112 ayat (2) jo 111 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 perihal Narkotika. Intimidasi hukuman 20 tahun penjara optimal hukuman mati.