Home / Berita Umum / Pabrik Pembuat Sabun di Karawang Diduga Buang Limbah Cair ke Pemukiman

Pabrik Pembuat Sabun di Karawang Diduga Buang Limbah Cair ke Pemukiman

Pabrik Pembuat Sabun di Karawang Diduga Buang Limbah Cair ke Pemukiman – Unit Tipiter Polres Karawang, Jawa Barat menyegel PT K2 Industries. Pabrik pembuat sabun itu dikira buang sampah cair sampai ke pemukiman serta irigasi sawah penduduk tiada diproses terlebih dulu.

“Kita segel lantaran perusahaan ini dikira buang sampah tiada diproses terlebih dulu. Bahkan juga langsung mengalir ke irigasi serta pemukiman kira-kira,” kata Kapolres Karawang AKB Slamet Waloya terhadap wartawan di tempat, Selasa (20/11/2018).

Sekarang ini, polisi sudah bekerja bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang untuk menguji sampel sampah di laboratorium. “Akhirnya keluar Rabu minggu depannya,” kata Kasi Penyelesaian Pengaduan DLHK, Kiki Jatnika.

Kiki menjelaskan, PT K2 sudah lupa serta tak punyai Instalasi Pemrosesan Sampah (IPAL) yg representatif. “Awal kalinya perusahaan ini sempat memperoleh hukuman administrasi lantaran tak punyai IPAL. Namun mereka udah memperbaikinya biarpun masihlah kurang wajar, sekarang ini sampel uji laboratorium sudah kita mengambil. Tinggal tunggu akhirnya 14 hari kerja,” kata Kiki.

Selain itu General Affair PT K2 Industries, Mursid Rahman mengatakan, pencemaran sampah cair berlangsung lantaran ada kekeliruan tekhnis. Waktu perubahan shift, seseorang operator lupa serta justru buka aliran sampah. Hasilnya sampah menggelontor sampai ke selokan serta irigasi.

“Ini memang benar ada kekeliruan disaat perubahan sift 1 dengan sift 2. Ada kekeliruan tekhnis, hingga langsung dibuang ke alat lingkungan,” kata Mursid.

Pantauan detik, berbau busuk menusuk di ruangan pabrik PT K2. Police line terpasang di IPAL serta aliran pembuangan sampah. “Kami kerjakan police line menjadi status quo. Biar pabrik ini tak kembali buang sampah ke lingkungan serta pemukiman,” kata Slamet.

About admin