Mahalnya Avtur Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat

Mahalnya Avtur Mempengaruhi Harga Tiket Pesawat – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membahas kembali formulasi harga ticket pesawat. Hal tersebut dilatarbelakangi terdapatnya laporan jika harga avtur memengaruhi elemen tarif ticket pesawat sampai 40%.

Sedang berdasar pada Ketentuan Menteri Perhubungan Nomer PM 14 Tahun 2016, kata Direktur Jenderal Perhubungan Hawa Kemenhub Polana B. Pramesti, harga avtur cuma memengaruhi elemen tarif ticket pesawat 24%.

“Jadi jika tempo hari dikatakan oleh Pak Presiden, lalu oleh airline, harga avtur 40% memang kami sekarang ini tengah dalam proses lakukan analisis kembali pada elemen komponen atau variabel variabel yang memengaruhi tarif basic airline,” tuturnya didapati di kantornya, Jakarta, Rabu (13/2/2019).
Pihaknya mengerti harga avtur memang cukuplah berefek pada harga ticket pesawat yang dimaksud masih tetap mahal.

“Harga ticket di pengaruhi beberapa aspek diantaranya nilai ganti, lalu avtur, lalu ada cost biaya layanan berkaitan. Nah dari harga ticket itu sesuai dengan PM 14/2016 itu kurang lebih prosentase harga avtur 24%,” tuturnya.

Akan tetapi, ia menyebutkan berdasar pada hasil monitoring yang dikerjakan di lapangan, harga ticket pesawat sekarang ini masih tetap sama dengan koridor yang ditata.

“Sekarang ini kami telah lakukan sangat banyak monitoring pada harga ticket dengan kirim inspektur inspektur kami untuk memonitor harga ticket, serta memang sampai sekarang ini harga ticket masih tetap dibawah koridor yang diputuskan oleh PM 14,” imbuhnya.