Home / Uncategorized / Lapas Salemba Cuma Menampung 2000 Narapidana

Lapas Salemba Cuma Menampung 2000 Narapidana

Lapas Salemba Cuma Menampung 2000 Narapidana – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mau membuat perubahan guna bangunan Instansi Pemasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat, jadi museum. Hasrat itu terlihat sesudah Kementerian Hukum serta Hak Asazi Manusia meminjam tempat punya pemerintah DKI di Ciangir, Kabupaten Tangerang, untuk jadikan instansi pemasyarakatan baru.

Djarot menyebutkan, Lapas Salemba cuma miliki kemampuan 2. 000 narapidana. Namun sekarang penghuninya capai 5. 000 narapidana. Karna itu Direktorat Jenderal Pemasyarakatan perlu instansi pemasyarakatan baru yang miliki daya tampung semakin besar.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan lalu memajukan surat ke pemerintah DKI untuk meminjam tanah di Ciangir. Tempat seluas 100 hektare itu semula juga akan dipakai jadi pas pembuangan akhir sampah dari Jakarta. Namun, karna beragam argumen, gagasan itu tidak jalan.

Menurut Djarot, kelak Lapas Salemba juga akan dikosongkan. Semua penghuninya juga akan dipindahkan dengan bertahap ke Ciangir. ” (Gedung lapas) Salemba dibuat pada saat Belanda, jadi itu beberapa dari Salemba masuk cagar budaya, dapat kami menjadikan museum, ” kata Djarot di Balai Kota DKI, Jumat, 21 Juli 2017.

Djarot mengimbuhkan, tidak tertutup peluang Instansi Pemasyarakatan Cipinang juga dipindah. Keadaannya tidak jauh berlainan dengan Instansi Pemasyarakatan Salemba. ” Cipinang itu over capacity. Normal kemampuannya 3. 000 orang, disana saat ini ada 9. 000 lebih, ” kata Djarot. “Tapi sesaat ini, kami konsentrasi ke Salemba. ”

About admin