Khofifah Bakal Bikin Industri Garam Di Madura Untuk Tingkatkan Perekonomian

Khofifah Bakal Bikin Industri Garam Di Madura Untuk Tingkatkan Perekonomian – Gubernur Jawa Timur dipilih Khofifah Indar Parawansa menyampaikan akan tingkatkan perekonomian di Pulau Madura, diantaranya dengan industrialisasi garam. Menurut Khofifah, kwalitas garam di Madura butuh ditingkatkan.

” Industrialisasi garam ini kan sebenarnya Madura kan dahulu di kenal menjadi pulau garam. Bila Madura di kenal menjadi pulau garam kan sebenarnya tingkatkan kwalitas garam di Madura dengan kwalitas garam beryodium, ” kata Khofifah di kantor Wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Bila kwalitas garam beryodium Madura ditingkatkan, keperluan garam rumah tangga bisa dipenuhi. Diluar itu, garam untuk industri, disebutkan Khofifah, dapat juga tercukupi.

” Begitu, dapat kurangi import garam yang saat ini, karena sebenarnya import garam itu kan semakin banyak untuk industri, namun seringkali merembes juga ke pasar, ” katanya.

” Jadi bila industri garam juga bakal berkaitan dengan sistem iodisasi, sistem untuk jadi garam industri, itu akan jadi satu kesatuan, ” lanjutnya.

Menurut Khofifah, garam adalah kultur yang telah melegenda untuk warga Madura. Karena itu, kemampuan petani garam di Madura mesti ditingkatkan dengan memberikan pandangan tehnologi.

” Penemuan tehnologi itu dapat berseiring dengan tingkatkan produktivitas, benefit, serta kesejahteraan mereka, ” katanya.

Terkecuali garam, Khofifah akan fokus tingkatkan industri gula di Madura. Diantaranya dengan bikin pabrik.

” Disana berada di Pasean itu ada perkebunan tebu yang cukup luas. Jadi sebetulnya telah bisa saja buka pabrik gula disana, ” katanya.