Jokowi Ingin Calon Menteri Dari Kalangan Muda

Jokowi Ingin Calon Menteri Dari Kalangan Muda – Wapres (wakil presiden) dipilih Ma’ruf Amin menjelaskan Joko Widodo (Jokowi) telah mempersiapkan beberapa nama menteri untuk kabinet periode ke-2. Ma’ruf menyebutkan Jokowi mempersiapkan menteri dari golongan muda.

“Saya anggap sebab Pak Jokowi telah membuat pengakuan jika kelak akan ada menteri yang muda. Bahkan juga beliau nyebut usia 25-30 (tahun) ya. Itu berarti bermakna akan ada menteri yang (muda),” kata Ma’ruf di Hotel Grand Cempaka, Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

Ma’ruf memperjelas pengaturan kabinet adalah hak prerogatif presiden. Tetapi dia memandang generasi muda yang mempunyai potensi wajar dilibatkan dalam kabinet.

“Ini kan hak prerogatif presiden. Kelak jadi saya anggap memang sebab kekuatan milenial lumayan besar, karena itu saya anggap telah lumrah untuk direpresentasikan di kabinet,” tutur Ma’ruf.

Tetapi Ma’ruf malas mengungkapkan nama calon menteri muda itu. Dia minta seluruh pihak bersabar menanti.

“Saya katakan belum ya. Jika sampai pada orang itu belum. Tetapi jika itu jika orang muda yang akan diambil jadi menteri itu telah disampaikan oleh presiden. Tinggal orangnya belum mengetahui ,” tutupnya.

Masalah menteri muda, rumor ini telah ada semenjak pertengahan Mei kemarin. Wawasan ini ada dalam bahasan golongan Team Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf waktu itu untuk menampung golongan milenial di kabinet.