Hubungan Ke Dua Negara Semakin Erat Indonesia Yunani

Hubungan Ke Dua Negara Semakin Erat Indonesia Yunani – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Kotzias diberi tanda tangan Persetujuan Pembebasan Visa untuk Pemegang Paspor Diplomatik serta Dinas. Indonesia merasa ini jadi sesi baru interaksi dengan Yunani yg menaikkan erat ke dua negara.

” Penandatangan persetujuan bebas visa ini berubah menjadi langkah awal dalam sesi baru interaksi ke dua negara, ke depan dikehendaki lewat perjanjian ini bakal terwujud kesepakatan-kesepakatan baru yg menguntungkan ke-2 pihak ” , papar Duta Besar RI buat Yunani, Ferry Adamhar dalam info wartawan dari Pelaksana Kegunaan Penerangan KBRI Athena Kristina Natalia, Senin (24/9/2018) .

Dengan persetujuan itu, karena itu kedepannya pemegang paspor dinas serta diplomatik bisa tinggal di Yunani sampai 30 hari, tiada butuh visa.

Penandatanganan persetujuan yg dilaksanakan di sela-sela pertemuan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yg ke-73 di New York, Amerika Serikat, 24 September 2018. Ferry mengemukakan persetujuan ini bukti Indonesia serta Yunani mau menambah kerja sama.

” Memberikan impian kuat ke dua negara buat lebih buka area serta gerak untuk ke-2 pihak buat bekerja sama-sama, hal semacam ini juga berubah menjadi tolak ukur meningkatnya interaksi sama sama yakin pada ke dua negara, ” kata Ferry.

Dengan pembebasan visa untuk pemegang paspor diplomatik serta paspor biru, Kementerian Luar Negeri mengharapkan pelaksanakan program-program yg udah di sepakati berbarengan oleh ke dua pihak dalam semua sektor bisa lebih ringan. Contoh kerja sama yg udah terikat merupakan tindak lanjut program yg diulas dalam Komunitas Konsultasi Bilateral (FKB) yg dibuat 2008, kerja sama sektor pertahanan atau keamanan, kerja sama sektor pariwisata sejak mulai 2009 serta beragam kerja sama buat penambahan kemampuan dan seterusnya.

Tidak cuman Indonesia, Yunani udah membebaskan visa untuk penduduk Filipina yg punyai paspor dinas serta penduduk Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura yg punyai semua model paspor. Disamping itu Indonesia punyai kerja sama pembebasan visa untuk pemegang paspor dinas serta diplomatik dengan negara Portugal, Belanda, Luksemburg, Belgia, Perancis, Italia, Austria, Hongaria, Kroasia, Slovenia, Bulgaria, Ceko, Slovakia serta Polandia, dengan ijin tinggal yg banyak variasi dari 14 hari sampai 90 hari.