Di Era Ke-7 Blue Cheese Sudah Hadir Sebagai Makanan

Di Era Ke-7 Blue Cheese Sudah Hadir Sebagai Makanan – Blue cheese diketahui dengan aroma tajam menusuk, serta warna kebiruan dari jamur yang tumbuh. Tetapi keju yang satu ini sukses di jual pada harga beberapa ratus juta.

Blue cheese telah ada semenjak era ke-7, yang pertama-tama dibuat di Prancis. Belakangan ini pemilik restoran Llagar de Colloto di Spanyol, dapat pecahkan Guinness World Record, sesudah sukses beli blue cheese seberat 2,6 kg seharga $16.142 (Rp 228.686.942).

Tembus Rp 200 Juta, Harga Blue Cheese Ini Pecahkan Rekor DuniaFoto: Guinness World Records

Diberitakan UPI (20/06), harga blue cheese yang benar-benar mahal ini, terdapat pada type kejunya. Blue cheese ini sejenis Cabrales, dimana adalah type artisan blue cheese paling kuat di dunia. Sang pemilik restoran bernama Ivan Suarez, beli keju mahal ini dari pabrik keju Valfriu.

Kelebihan blue cheese Cabrales ini, terdapat pada proses pematangannya yang disimpan di pegunungan Picos de Europa, Spyanyol. Diperlukan waktu seputar 3-6 bulan di gua gunung, dengan beberapa penggembala yang menggosok dan memutar keju, yang diperlukan dalam proses pematangan blue cheese.

Walau punyai harga yang benar-benar mahal serta aroma yang tajam menusuk, rupanya blue cheese termahal di dunia ini disukai beberapa orang. Paling tidak ada 15 pemilik restoran yang menawar blue cheese ini pada harga tinggi.
Tembus Rp 200 Juta, Harga Blue Cheese Ini Pecahkan Rekor Dunia.

“Kelihatannya tidak ada batasan harga dari pelelangan keju ini yang berjalan sepanjang dua jam. Beberapa pemirsa terlihat semangat serta bertepuk tangan tiada henti,” papar satu diantara perwakilan dari pabrik keju Valfriu.

Tidak hanya beli keju mahal ini, restoran punya Suarez bekerja bersama dengan pabrik keju Valfriu untuk jual keju-keju di restorannya.
Tembus Rp 200 Juta, Harga Blue Cheese Ini Pecahkan Rekor Dunia.

Tidak hanya blue cheese, ada lima type keju yang lain yang punyai harga fenomenal. Seperti keju pule, white stilton gold, sampai caciocavallo podolico.