Banding Yang Disebut Jaksa Untuk Ringankan Dhani

Banding Yang Disebut Jaksa Untuk Ringankan Dhani – Jaksa penuntut umum (JPU) masalah pencemaran nama baik melalui ajaran ‘idiot’, Ahmad Dhani Prasetyo, ajukan banding atas vonis hakim yang menjatuhi Dhani hukuman 1 tahun penjara. Maksudnya, menunjukkan jika Dhani memang bersalah.

Hal tersebut dibetulkan oleh JPU Winarko. Dia menjelaskan usaha itu dikerjakan faksinya jadi bentuk perlawanan dari banding yang diserahkan kuasa hukum musikus Dewa 19 itu.

“Jika Dhani banding, kami banding. Teknisnya esok kita lihat berkas telah masuk apa belum, jika masuk kita banding ,” kata Winarko waktu dihubungi Sabtu (15/6).

Winarko menjelaskan mengajukan banding itu telah sesuai SOP yang berlaku. Dia menjelaskan karakter dari banding tersebut ialah menjaga pembuktian jika Dhani bersalah dalam masalah ini, sebab seperti didapati suami Mulan Jameela itu sampai sekarang malas mengaku tindakannya, serta minta vonis bebas.

“Jika kami, bukan untuk memberatkan atau memudahkan, tetapi banding ini untuk masih menunjukkan jika ia itu salah. Jika masalah memberatkan hukuman itu telah kuasa hakim, vonis (1 tahun) ini buat jaksa telah sesuai dengan sebab dua pertiga dari gugatan kami,” katanya.

Contoh Kejaksaan Agung.Contoh Kejaksaan Agung. (Adhi Wicaksono)
Dia menjelaskan jaksa telah siap untuk hadapi banding Dhani, lewat material yuridis.

“Saling kami beradu alasan, untuk material yuridisnya, mereka melawan jika itu tidak dapat dibuktikan, walau sebenarnya saksi pakar telah menjelaskan semua, keputusan hakim itu berdasar pada pakar semua,” katanya.

Seirama, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Sunarta menyebutkan mengajukan banding ini dikerjakan untuk menyeimbangi usaha banding yang dikerjakan oleh Dhani.

Usaha banding ini, kata Sunarta dikerjakan faksinya jadi langkah mengantisipasi jaksa, barang kali masalah Dhani ini dapat sampai ke step kasasi.

“Mengajukan banding ini untuk menyeimbangi faksi Dhani yang ajukan banding atas masalah itu. Siapa tahu dapat sampai kasasi, jika kita tidak banding tidak dapat kasasi kelak kita,” tutur Sunarta.

Masalah penahanan, Sunarta menyebutkan Dhani bisa jadi dilakukan di Jakarta waktu kasusnya telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah walau perkaranya berlangsung di Jawa Timur.

“Jadi sebetulnya jika kelak inkrah ini kan sebetulnya memang di sani, tetapi jika ingin dikerjakan (eksekusi) disana (Jakarta) tidak ada permasalahan yang penting berita acaranya lewat cara masukkan yang berkaitan ke LP Cipinang,” ujarnya.

Calon presiden Prabowo Subianto menengok Ahmad Dhani Prasetyo di Rutan Klas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, waktu lalu.Calon presiden Prabowo Subianto menengok Ahmad Dhani Prasetyo di Rutan Klas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, waktu lalu.

Awalnya, Ahmad Dhani Prasetyo divonis 1 tahun penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya dalam masalah pencemaran nama baik melalui ajaran ‘idiot’.

Dhani dikatakan bersalah serta melanggar Masalah 45 ayat 3 juncto Masalah 27 ayat 3 Undang-Undang Nomer 11 tahun 2008 mengenai Info serta Transaksi Elektronik (ITE) dengan resmi serta dapat dibuktikan oleh hukum.

“Kami langsung ajukan banding,” kata Dhani, pada majelis hakim, selesai dengarkan vonisnya, Selasa (11/6).