Home / Berita Umum / 11 Tahun Bekerja TKi di Malaysia Baru Dapat Gaji Setelah Kabur

11 Tahun Bekerja TKi di Malaysia Baru Dapat Gaji Setelah Kabur

11 Tahun Bekerja TKi di Malaysia Baru Dapat Gaji Setelah Kabur – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Siti Khasanah mendapatkan upah dari majikannya di Malaysia sesudah kabur. Majikannya itu tidak membayarkan haknya semenjak tahun 2007.

” KJRI Penang barusan sukses mengatur penyelesaian pembayaran upah TKI atas nama Siti Khasanah yang sudah bekerja di Malaysia semenjak tahun 2007 serta belum pernah dibayar oleh majikan saat kira-kira 11 tahun, ” kata Konsul Penerangan Sosial serta Budaya (Pensosbud) KJRI Penang, Osrinikita Zubhana, dalam keterangannya pada detikcom, Senin (1/10/2018) .

Siti mendapatkan pembayaran awal sebesar RM 46. 800, 00 dari keseluruhan hak upahnya sebesar RM 110. 850. Perihal ini juga dibayar setelagh Siti kabur dari majikannya itu.

” Pembayaran awal ini dikerjakan sehari sesudah Siti Khasanah melarikan diri dari rumah majikan serta langsung diakukan pengaduannya oleh KJRI Penang, ” kata Osrinikita.

Menurut Osrinikita, Siti mendapatkan perlakukan tidak pantas oleh majikannya. Dia, tidak diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan keluarganya di Indonesia.

” Saat bekerja pada majikan, ia belum pernah dikasihkan peluang untuk berkomunikasi dengan keluarga serta belum pernah kembali pada Indonesia, ” kata Osrinikita.

KJRI Penang selalu memperjuangkan hak upah dari Siti. Tidak hanya Siti, ada banyak TKI yang upahnya terhalang bahkan juga tidak dibayarkan oleh majikannya.

” Sampai bulan September 2018, KJRI Penang keseluruhannya sudah sukses merampungkan permaslahan upah TKI beberapa RM 542. 233 atau sama dengan Rp 1. 951. 762. 449, 00.
Capaian ini adalah satu bentuk perlindungan KJRI Penang pada WNI yang ada di lokasi kerja KJRI Penang, ” ucao Osrinikita

About admin